Pelatihan Menghafal oleh KIPMI

Pada tanggal 3 November 2015 di kantor Yayasan Pendidikan Islam Al Atsary (YPIA) diadakan pelatihan dengan judul “Menghafal Segala Sesuatu Dengan Metode Mindmap”. Acara ini dipandu oleh anggota KIPMI divisi IPTEK, Ruzali Rustam, MSc., yang juga berstatus sebagai dosen Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada.

Di awal training, Ruzali yang dikenal akrab dengan nama Ghozali ini menjelaskan kepada peserta mengenai otak dan bagaimana otak bekerja. Dengan memahami bagaimana otak bekerja, peserta nantinya bisa memahami bagaimana teknik menghafal yang efektif.

Peserta sangat antusias mengikuti training ini. Suasana serius tapi santai dan meriah mewarnai sesi ini, terutama ketika sesi latihan menghafal. Apalagi ketika Ghozali memberikan contoh brain gym yang nampak unik bagi para peserta. Training ini dinilai sangat bermanfaat, karena tentunya dalam aktivitas harian kita tidak lepas dari menghafal. Terlebih lagi bagi para akademisi dan penuntut ilmu agama.

Aktivitas brain gym yang menambah semarak acara. Dok: Yulian Purnama untuk KIPMI
Aktivitas brain gym yang menambah semarak acara. Dok: Yulian Purnama untuk KIPMI

Pelatihan yang diadakan ini adalah bagian pertama dari 2 pertemuan. Pelatihan selanjutnya akan membahas teknik mindmap secara khusus.