Pelatihan Membuat Toko Online Di Kampung Santri

Dusun Glondong dan Sawo, yang terletak di Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul Yogyakarta dikenal dengan “Kampung Santri” karena memang lokasinya berada di sekitar Pondok Pesantren Syaikh Jamilurrahman, Yogyakarta. Penduduk kampung santri bukan berarti mereka menjadi santri pondok pesantren tersebut. Namun karena mayoritas penduduknya terlihat begitu bersemangat dalam menghidupkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari.

Mayoritas penduduk Kampung Santri adalah pedagang. Produk yang menjadi komoditi utama Kampung Santri diantaranya roti, susu kedelai, herbal dan pakaian. Sebagian warganya bahkan menjadi produsen dari produk-produk tersebut. Warga Kampung Santri selama ini hanya memasarkan produk-produk secara konvensional. Mereka belum memanfaatkan internet untuk memasarkan produk mereka.

Berangkat dari hal ini, KIPMI bekerja sama dengan Pondok Programmer Yogyakarta, mengadakan pelatihan toko online bagi warga Kampung Santri pada Sabtu 5 Desember 2015 lalu. Pelatihan bertajuk “Membuat toko online dari HP Android” ini bertujuan mendidik warga agar mereka bisa memasarkan produk mereka hanya dengan modal HP Android yang umumnya sudah ada di genggaman mereka.

“Dalam pelatihan ini yang kita pilih adalah Tokopedia, karena dia menyediakan aplikasi android, dan Tokopedia kami nilai sangat mudah, aman dan banyak digunakan oleh pembeli online”, ujar Yulian Purnama, S.Kom., perwakilan dari KIPMI. Warga dijelaskan langkah-langkah detail dari mulai mengunduh aplikasi hingga mereka bisa mengunggah produk mereka ke Tokopedia.

pelatihan-toko-online-2

Warga pun sangat antusias mengikuti pelatihan ini, sampai ruangan yang digunakan penuh sesak oleh warga. Sebagian warga bahkan mengikuti jalannya pelatihan dari luar ruangan melalui jendela karena ruangan tidak mencukupi lagi. Diperkirakan ada 60-an warga yang menghadiri pelatihan.

Perangkat desa pun menyambut baik pelatihan ini, dan berharap agar pelatihan serupa diadakan di tingkat desa dengan cakupan peserta yang lebih luas. (YP)