Apa Yang Diperlukan Untuk Membuat Website?

Sebenarnya apa saja yang perlu disediakan jika seseorang ingin membuat situs web (website)? Jawabnya, ada tiga komponen utama yang perlu disediakan jika seseorang ingin membuat website. Ketiga komponen ini wajib ada untuk semua jenis website, baik website untuk company profile, toko online, blog pribadi, portal berita, portal agama, dan jenis-jenis website lainnya.

1. Hosting

Hosting atau web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. File dan data website tersebut bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database. Bentuk nyata dari hosting adalah perangkat hard-disk yang ada pada komputer yang terkoneksi dengan internet sehingga file-nya bisa diakses melalui internet. Komputer ini kita sebut sebagai server.

Mungkin ada yang bertanya, “Bisakah kita menggunakan server milik sendiri sebagai hosting?” Jawabannya, “Tentu sangat bisa.” Masalahnya, agar website kita bisa diakses 24 jam, komputer yang kita gunakan sebagai hosting juga harus menyala selama 24 jam dan terkoneksi ke internet selama 24 jam pula. Belum lagi komputer kita harus dilengkapi dengan firewall dan kelengkapan lainnya untuk menunjang keamanan data yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, kebanyakan orang yang membuat website lebih memilih untuk menyewa hosting daripada menggunakan komputer sendiri. Ada banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan hosting dengan berbagai spesifikasi dan berbagai keperluan.

Setidaknya ada tiga jenis hosting yang ditawarkan oleh para penyedia hosting:

a. Shared hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang servernya dipakai secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Artinya, dalam satu hard-disk yang ada di server, ada data dari beberapa website. Demikian juga resource dari servernya, meliputi processor, RAM memory, dll. digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna.

b. VPS hosting

VPS merupakan kependekan dari virtual private server. Ini adalah jenis hosting pribadi yang resource-nya hanya dipakai oleh satu pengguna saja sehingga ia tidak akan terpengaruh oleh penggunaan dari user yang lain.

Untuk jenis hosting ini, pengguna memiliki kebebasan untuk mengatur dan mengelola resource yang tersedia secara mandiri. Menggunakan VPS memerlukan keahlian dalam pengelolaan server.

c. Cloud hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting dengan resource seperti VPS, tapi dengan kemudahan penggunaan seperti shared hosting. Pengguna tidak perlu memiliki skill pengelolaan server untuk bisa menggunakan cloud hosting. Cloud hosting membagikan beban ke beberapa server sekaligus sehingga ketika salah satu server mengalami gangguan, website tetap stabil dengan bantuan dari server lain.

2. Domain

Domain adalah alamat yang akan mengantarkan netizen menuju ke suatu website. Contohnya, domain kipmi.or.id akan mengantarkan ke website yang sedang Anda baca. Sebenarnya, domain merupakan sederet huruf dan angka yang menggantikan alamat IP yang berupa kombinasi angka yang kurang menarik dan kurang mudah digunakan.

Untuk mendapatkan suatu domain, kita harus menyewa kepada para penyedia domain. Sebelumnya, kita harus memastikan nama domain yang kita inginkan harus tersedia dahulu dan belum disewa oleh orang lain. Seperti nama domain detik.com, tentu kita tidak bisa menggunakannya karena sudah disewa oleh portal berita DetikCom. Harga sewa domain sangat variatif, mulai dari Rp15.000,- per tahun sampai jutaan rupiah per tahun.

Ketika bicara tentang domain, ada yang disebut dengan top level domain (TLD). TLD adalah ekstensi domain yang letaknya paling akhir dari sebuah domain. TLD yang sering digunakan adalah .com, .org, .id, dan .gov. Misalnya, untuk www.kipmi.or.id, TLD-nya adalah .or.id, sementara untuk www.google.com, TLD-nya adalah .com.

Jenis TLD ini disesuaikan dengan jenis website dan keperluannya. Misalnya .com biasanya untuk website commecial. TLD .org biasanya untuk website organisasi. TLD .gov biasanya untuk website pemerintahan. Perbedaan jenis TLD ini juga akan mempengaruhi harga sewa domain.

3. Halaman web

Dalam website yang Anda ingin buat, tentu Anda akan menampilkan berbagai hal, mulai dari teks, gambar, video, suara, dll. Nah ini semua ditampilkan dalam halaman-halaman web.

Halaman web sebenarnya dihasilkan oleh skrip atau source code yang disusun oleh para pengembang web. Oleh karena itu, untuk membuat halaman web, Anda memerlukan keahlian pemrograman web. Atau, anda bisa menyewa jasa para pengembang web. Selain itu, di zaman sekarang sudah ada beberapa aplikasi-aplikasi yang memungkinkan Anda membuat halaman web secara instan tanpa harus memiliki keahlian pemrograman web, seperti Wix, Weebly, Jimdo, Squarespace, atau WordPress.org. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Nah, inilah tiga komponen yang perlu dipersiapkan untuk membuat sebuah website. Jika ada yang belum dipahami, bisa ditanyakan di kolom komentar.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.