Diskusi Ilmiah KIPMI Talk 1 Teknologi Artificial Intelligence, Dampak dan Aspek yang Mempengaruhinya

Dalam rangka untuk membangun generasi bangsa Indonesia yang baik dan memiliki pemikiran yang berkualitas dan juga sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Salallahu ‘Alaihi Wassalam maka diperlukan suatu kegiatan untuk membangun pemikiran yang berkualitas bagi bangsa ini.

Berawal dari suatu proses berpikir tersebut maka akan melahirkan sebuah mindset yang tertanam pada seseorang, dan kedepannya akan membawa kepada kemajuan ataupun kemunduran. Bangsa yang memiliki mindset yang baik dan berkualitas akan mengantarakan kepada kemajuan dan keberhasilan kepada bangsa tersebut, begitu pula sebaliknya bangsa yang mempunyai mindset yang buruk maka akan menjadikan bangsa tersebut kepada keterpurukan.


Maka dalam rangka membangun sebuah pemikiran yang baik dan berkualitas sesuai deengan koridor Islam yaitu Al-Qur’an dan As -Sunnah Komunitas Ilmuan dan Profesional Muslim Indonesia mengadakan suatu acara Diskusi Ilmiah yang dinamakan dengan KIPMI Talk.

KIPMI Talk akan diadakan berseri, dalam seri pertama ini tema yang diangkat adalah tentang Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dampak dan Aspek yang mempengaruhinya. Acara diskusi ilmiah ini telah terlaksana dengan pembicara Bapak Ir. Noor Akhmad Setiawan, Ph.D., IPM. di Perpustakaan Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tanggal 15 Maret 2019 pukul 16.00 – 17.45 WIB.

Beliau menjelaskan bahwa pengertian Teknologi Artificial Intelligence adalah suatu tools baik secara fisik ataupun non fisik yang bermanfaat untuk mengatasi keterbatasan manusia. Dimana inti dari Teknologi Artificial Intelligence adalah bagaimana kita bisa membuat mesin yang dimana sebuah mesin itu mempunyai intelligence.

Kelebihan dari manusia itu adalah mempunyai Intelligence dimana semua keinginan manusia bisa diwujudkan dengan Intelligence, contohnya keinginan manusia untuk terbang, mengetahui informasi diseluruh dunia, ataupun manusia ingin membuat manusia itu sendiri minimal yang serupa dengan manusia. Itulah kelebihan manusia yaitu Intelligence. Bagaimana jika kita bisa membuat Intelligence buatan yaitu Artificial dan kita tanamkan pada suatu mesin maka banyak hal yang bisa dilakukan oleh mesin tersebut dengan kelebihan mesin yaitu tidak pernah lelah bekerja dan bisa bekerja 24 jam non stop. Maka hal ini akan sangat membantu manusia dalam segala macam pekerjaannya. Ini sekilas penjelasan apa itu Teknologi Artificial Intelligence oleh Bapak Ir. Noor Akhmad Setiawan, Ph.D., IPM.

Diharapkan dari diskusi lewat KIPMI Talk ini akan membentuk suatu pemikiran yang baik dan dapat memperbaiki minset bangsa ini menjadi mindset yang baik dan berkualitas tinggi demi kemajuan bangsa Indonesia dan demi menjunjung tinggi izzah Islam. Dan nantikan KIPMI Talk 2 pada bulan April 2019.