Hosting Gratis Dengan Netlify

Dahulu kita sering berburu webhosting gratisan seperti 000webhost.com. Namun sekarang hosting gratis bagi seorang website developer, adalah hal yang mudah didapatkan. Salah satunya adalah hosting di Netlify.

Mengenal Netlify

Netlify adalah perusahaan cloud computing yang berbasis di San Francisco yang menawarkan layanan hosting dan backend tanpa server untuk aplikasi web dan situs web statis. Anda bisa mengujungi Netlify di alamat: www.netlify.com.

Perusahaan ini menyediakan hosting untuk situs web yang berkas sumbernya disimpan dalam version control system berbasis Git yang kemudian disajikan menjadi konten web statis dan disajikan melalui CDN. Mengingat keterbatasan model web statis murni, perusahaan kemudian mulai memperluas layanan untuk memasukkan sistem manajemen konten, dan fitur komputasi tanpa server untuk menangani situs web dengan fitur interaktif.

Apakah hosting di Netlify benar-benar gratis?

Jawabannya: ya. Hosting di Netlify benar-benar gratis dan tanpa batasan jumlah website. Namun tentu saja jika Anda ingin fitur yang lebih banyak, maka Anda harus memilih paket yang berbayar.

Dengan paket yang gratis, anda sudah bisa deploy banyak website tanpa batasan jumlah, tapi dengan batasan storage 10GB dan juga bandwidth sebesar 10GB per bulan. Bahkan anda mendapatkan free website preview, sehingga anda bisa melihat tampilan website anda sebelum live. Proses deploy pun sangat mudah dan cepat. Ini semua sudah lebih dari cukup untuk membuat website.

Untuk mendapatkan hosting di Netlify secara gratis, anda disyaratkan memahami cara kerja  version control system berbasis Git, kemudian membuat akun baru di Netlify menggunakan akun Gitlab atau Github anda.

Paket Starter, seharga $19 USD per bulan, menawarkan bandwidth yang lebih besar yaitu 1TB per bulan. Anda juga bisa membuat website yang dilindungi password dengan mudah tanpa coding, dapat setup environtment variables untuk semua website anda, dan juga mendapatkan fasilitas support ticketing.

Paket Business, seharga $99 USD per bulan, menawarkan bandwidth yang lebih besar yaitu 1,5TB per bulan dan deployment yang lebih cepat. Anda juga bisa membuat website yang memiliki SSO (Single Sign-On) dengan mudah tanpa coding dilengkapi dengan role-based access control yang membuat proses pembuatan website lebih cepat.

Apa minusnya?

Orang barat mengatakan “no free lunch”, yang kira-kira artinya tidak ada sesuatu yang benar-benar gratis. Kalaupun ada yang gratis, biasanya ada minusnya. Nah, apa kekurangannya menggunakan hosting di Netlify?

Hosting di Netlify lebih ditujukan kepada website statis seperti website landing page, company profile, CV pribadi, promosi event, dll.,  bukan website dinamis yang kontennya sering bertambah dan berubah. Karena untuk memutakhirkan konten website di sini, anda harus memutakhirkan  source code yang ada pada git repository anda.

Namun sebenarnya bisa saja menggunakan hosting di Netlify untuk membuat website yang dinamis. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan, dan yang paling sederhana adalah dengan membuat file baru dengan template tertentu ketika menambahkan halaman atau artikel baru. Memang tidak semudah menggunakan CMS seperti WordPress, namun ini mungkin dilakukan.

Dapatkah membuat website yang premium?

Jawabanya: tentu sangat bisa, karena Netlify adalah sekedar hosting. Tentang kualitas website yang dibuat, baik yang level biasa atau level premium, tergantung kemahiran developer dalam membangun website. Developer yang mahir akan dengan mudah membuat website premium walaupun menggunakan hosting Netlify.

Bahkan saat ini sudah banyak template berbasis Typescript atau Material-UI baik yang gratis atau berbayar, sehingga kita bisa membangun website-website premium berbasis React dengan instan.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk semua. Selamat membuat website!

Yulian Purnama

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.