Ketua KIPMI: Perubahan Senantiasa Terjadi

Munculnya wabah covid19 memaksa kita untuk melakukan perubahan di setiap lini kehidupan, tidak terkecuali di dunia pendidikan. Hal itu disampaikan oleh ketua Komunitas Ilmuwan dan Profesional Muslim Indonesia (KIPMI) Sri Darma Krida disela-sela kegiatan Professional Development Day guru dan staf SMA Future Gate Bekasi, Jawa Barat, yang dilakukan secara daring (online).

Sebagai alasan begitu pentingnya para guru dan staf meningkatkan kualitas diri, alumni Universitas Gajah Mada (UGM) ini menyampaikan bahwa setidaknya ada 3 hal mendasar yang harus disadari oleh seorang guru dan staf.
(1) Perubahan senantiasa terjadi. Pandemi Covid-19 menyadarkan kita bahwa perubahan terjadi begitu cepatnya, tiba-tiba, sehingga setiap orang harus mengambil sikap untuk beradaptasi.
(2) Tugas pokok seorang guru seperti mengajar, mendidik, menginspirasi, dan menggerakkan, merupakan tugas-tugas yang terdampak oleh pandemi Covid-19 ini. Proses belajar mengajar yang tadinya dilakukan tatap muka di kelas, berubah menjadi daring. Penggunaan media digital lebih sering dilakukan untuk menggerakkan dan menginspirasi siswa agar tujuan pembelajaran tercapai.
(3) Pentingnya penguasaan konten dan penyajian konten. Dimasa pandemi, proses belajar mengajar harus dilakukan dengan cara-cara yang kreatif dan tidak membosankan. Penguasaan dan penyajian konten adalah kuncinya. Memahami detail dan memanfaatkan fitur-fitur aplikasi yang digunakan akan membuat proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

“Untuk meningkatkan kualitas diri seorang guru dan staf, dapat dilakukan secara mandiri atau difasilitasi oleh sekolah/yayasan sebagai penyelenggara pendidikan.
(1) Secara mandiri: Seorang guru dan staf dapat mengikuti kelas-kelas daring, pelatihan-pelatihan, membaca artikel-artikel, baik yang dapat diakses secara gratis atau berbayar.
(2) Sekolah/yayasan sebagai fasilitator: Dimasa pandemi ini, sekolah/yayasan dapat membuat program-program seperti professional development day untuk para guru dan staf.

Perlu diingat, jika penyelenggara pendidikan menjadi fasilitator, sebaiknya dilakukan pada jam kerja.”, ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung pada 10 Maret 2021 ini ditutup dengan Ketua KIPMI memilih 3 pertanyaan terbaik yang diajukan peserta.

(Admin, Maret 2021)