KIPMI TALK #2 ETIKA BERPOLITIK DALAM ISLAM

Oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, MA.

Yogyakarta – Acara diskusi ilmiah yang dilaksanakan oleh Komunitas Ilmuwan dan Profesional Muslim Indonesia (KIPMI) kembali diselenggarakan. Acara diskusi ini bernama KIPMI Talk #2. Kegiatan ini adalah kegiatan diskusi ilmiah kedua yang diselenggarakan oleh KIPMI.

KIPMI Talk #2 dilaksanakan pada tanggal 6 April 2019 bertempat di Masjid Al-Muqtashidin Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dengan pembicara yaitu Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. dengan mengangkat tema yang sedang hangat saat ini berkaitan dengan pemilu yaitu “Etika Berpolitik dalam Islam”.

Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. adalah putra kelahiran Sumatera Barat, 9 Januari 1972. Beliau saat ini menjabat sebagai pimpinan Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i (STDIIS) Jember.

Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. menjelaskan beberapa hal penting pada diskusi tersebut terkait dengan etika berpolitik dalam Islam. Diantara yang beliau jelaskan terkait dengan etika berpolitik dalam Islam yang harus dilaksanakan seorang muslim setidaknya ada 9 point, yaitu :

  1. Dilarang berambisi terhadap kekuasaan
  2. Jangan memilih orang yang meminta jabatan
  3. Jangan mengangkat orang yang lemah
  4. Seorang pemimpin harus adil dan berintregritas
  5. Pemimpin yang berlemah-lembut dalam menyelesaikan permasalahan
  6. Menyadari kewajiban, tanggungjawab dan tidak zalim
  7. Jangan mengharapkan imbalan dalam melaksanakan tugas yang biasa disebut dengan gratifikasi, tidak korupsi, dan menghindari risywah atau sogok
  8. Menjaga keutuhan bangsa dan negara
  9. Memberikan nasehat kebaikan-kebaikan

Itulah 9 etika berpolitik dalam Islam yang harus dimiliki oleh seorang muslim ketika berpolitik, agar tidak terjatuh dalam hal-hal yang dilarang oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasul-Nya. Sembilan etika dalam berpolitik yang disampaikan Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra , M.A. ini hanya sebagian kecil saja dari sekian banyak etika berpolitik dalam Islam.

Diharapkan setelah KIPMI Talk #2 ini terlaksana akan lebih memberikan wawasan kepada masyarakat muslim Indonesia khususnya para mahasiswa muslim agar lebih membuka pikiran tentang politik dalam Islam. Dan nantikan KIPMI Talk seri ke 3 yang Insya Allah akan hadir pada bulan juli 2019 dengan tema yang tidak kalah menariknya dengan tema KIPMI Talk yang sudah terlaksanakan.