Pelatihan Penerapan Manajemen Perubahan (PPMP) 2016

Komunitas Ilmuwan dan Profesional Muslim Indonesia (KIPMI) pada 5-6 Agustus 2016 menyelenggarakan Pelatihan Penerapan Manajemen Perubahan (PPMP). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Premier Inn Yogyakarta ini dihadiri 32 peserta dari seluruh Indonesia. Acara yang dibuka oleh ketua KIPMI Sri Darma Krida, menghadirkan 3 narasumber yaitu Dr. Bagus Riyono, MA (UGM), Ir. Noor Akhmad,PhD (UGM) dan Teddy Prasetya,S.Psi (Praktisi pendidikan).

Dalam sambutannya, ketua KIPMI mengajak para peserta, yang merupakan pengambil kebijakan disetiap lembaga yang mereka pimpin, untuk dapat memanfaatkan hal-hal positif  dari setiap perubahan yang terjadi. Baik itu persoalan kebijakan pemerintah hingga perkembangan teknologi.

IMG_3887      IMG_3894

Pada hari pertama, kegiatan ini menampilkan 2 narasumber sekaligus, dimana Dr. Bagus Riyono, MA menegaskan bahwa suka atau tidak suka, perubahan akan terus terjadi. Oleh karena itu sebuah lembaga harus siap dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Beliau juga menjelaskan pentingnya sebuah lembaga mengenali potensi-potensi yang dapat dikembangkan, dan mengenali kekurangan-kekurangan yang ada untuk memudahkan mencari solusi. Lain halnya dengan narasumber ke dua, Ir. Noor Akhmad, PhD, yang lebih menyoroti pemanfaatan teknologi untuk mendukung perubahan ke arah lebih baik.

Pada hari ke dua, kegiatan ditutup oleh Teddy Parsetya,S.Psi dengan Focus Group Discussion (FGD). Beliau menegaskan diakhir kegiatan, visi dan misi sebuah lembaga bukanlah hanya sekedar kalimat-kalimat indah. Tapi akan bermakna apabila setiap orang dilembaga tersebut memahami dan mengerti bagaimana visi dan misi tadi dijalankan.