Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mempelajari Bahasa Arab

Keutamaan dan Pentingnya Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan salah satu sarana untuk mengkaji lebih dalam tentang agama Islam. Bahasa Arab begitu penting seperti yang disampaikan oleh Ibnu Katsir rahimahullah ketika menafsirkan surat Yusuf ayat 2, yang artinya,

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Qur’an dalam bahasa Arab supaya kalian memahaminya.”

Imam Syafi’i pun menganjurkan kaum muslimin untuk mempelajari bahasa Arab seperti perkataan beliau dalam kitab Ar-Risalah,

“Maka hendaklah setiap Muslim belajar bahasa Arab semaksimal mungkin sehingga dia dapat (mengetahui makna) kesaksian tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya.” (Imam Syafi’i, Ar-Risalah, ed.  Ahmad M. Syakir, 48)

Senada dengan Imam Syafi’I, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Bahasa arab itu termasuk bagian dari agama, sedangkan mempelajarinya adalah wajib karena memahami Al-Quran dan As-Sunnah itu wajib. Tidaklah seseorang bisa memahami keduanya kecuali dengan bahasa Arab. Dan tidaklah kewajiban itu sempurna kecuali dengannya (mempelajari bahasa Arab), maka ia (mempelajari bahasa Arab) menjadi wajib. Mempelajari bahasa Arab, di antaranya ada yang fardhu ‘ain, dan adakalanya fardhu kifayah.” (Iqtidho, Ibnu Taimiyah 1/527 dikutip dari majalah Al-Furqon)

Belajar Bahasa Arab dengan Teknologi Informasi

Di era teknologi informasi yang semakin canggih kita dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk belajar bahasa Arab. Ada banyak metode belajar bahasa Arab yang tersebar di internet dan bahkan gratis. Maka, sebenarnya tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak mempelajari bahasa Arab.

Berikut ini kami kupas beberapa layanan yang memanfaatkan teknologi untuk belajar bahasa Arab.

  1. http://badaronline.com

Situs badaronile merupakan salah satu situs belajar ilmu nahwu dasar gratis. Dalam situs tersebut terdapat 120 bab dengan pembahasan nahwu sharaf dasar seperti huruf, isim, fi’il sampai dengan pembahasan tawabi’ lil majrur. Penyajiannya juga cukup menarik dengan penjelasan yang dilengkapi dengan bagan beserta audionya.

  1. http://arabuna.com

Situs arabuna adalah situs yang menyediakan aplikasi belajar bahasa Arab dasar berbasis Flash. Isi dari aplikasi tersebut sama dengan yang ada di situs http://badaronline.com. Ada 3 seri aplikasi belajar bahasa Arab dasar. Dengan investasi Rp75.000,00 saja, 1 paket aplikasi belajar Bahasa arab dasar seri 1, 2, dan 3 sudah bisa didapatkan. Kelebihan aplikasi ini adalah pelajaran dapat kita ulang tanpa harus terkoneksi dengan internet. Dapat dikatakan ini merupakan investasi yang sangat murah dengan manfaat yang begitu besar.

  1. http://programbisa.com

BISA Program BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab) adalah program kursus nonformal jarak jauh yang diluncurkan sebagai bagian dari cita-cita untuk sebanyak mungkin membantu umat Islam agar bisa “melek” bahasa Arab di tengah-tengah kesibukan dalam menjalani aktivitas keseharian masing-masing. Program BISA dicetuskan oleh Khairul Umam, alumnus Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia 2005, serta Fakultas Dakwah dan Ushuluddin MEDIU 2008. Program BISA sengaja dirancang dengan silabus dan kurikulum yang telah disesuaikan untuk seluruh tingkatan pemahaman dan profesi sehingga orang yang belum belajar bahasa Arab sekalipun insya Allah bisa menuntaskan program BISA dalam 2 bulan dengan 8 kali pertemuan online via aplikasi Whatsapp Messenger masing-masing 90 menit yang dilaksanakan setiap minggu sore (Pukul 16.00-17.30).

Keberadaan teknologi informasi telah memungkinkan siapa saja untuk mempelajari bahasa Arab. Apapun pekerjaan kita, baik PNS, swasta, ataupun pengusaha, kita dapat belajar bahasa Arab di manapun. Terlebih lagi akses internet sudah begitu mudahnya digunakan dan piranti mobile sudah tidak asing lagi bagi kita.

Mudah-mudahan sedikit ulasan tentang pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana untuk mempelajari bahasa Arab ini dapat lebih merangsang minat kaum muslimin untuk berlomba-lomba mempelajari bahasa Arab. Dengan demikian, kita akan mampu mendalami agama Islam lebih jauh, insya Allah.

Penulis:
Ovide Decroly Wisnu Ardhi, lahir di Purworejo pada 03 Mei 1986. Gelar sarjana teknik elektro (2008) diperoleh dari Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta dan M. Eng dalam bidang Teknologi Informasi (2012) diperoleh dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Saat ini bekerja sebagai dosen di D3 Teknik Informatika, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Selain itu, aktif pula di Pusat Studi Ekonomi Islam, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Sebelas Maret.