PERANG TERHADAP PLAGIARISME SEBAGAI BENTUK DUKUNGAN TERHADAP PROGRAM REVOLUSI MENTAL PEMERINTAH: Plagiarisme Dalam Disertasi Doktoral Dr Abdul Azis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Bagian 8)

Catatan Terhadap Disertasi Doktor UIN Abdul Aziz (Bagian 8): Copy-paste Website Suduthukum.com

*Artikel ini merupakan artikel berseri yang ditulis oleh anggota KIPMI

Pada halaman 128 dalam naskah disertasinya di bagian “Karya Muhammad Syahrur”, Abdul Aziz menuliskan, “Beberapa kegiatan yang menyita perhatiannya sebagai pengajar pada Fakultas Teknik Universitas Damaskus tidak menyurutkan semangatnya untuk berkarya dalam hal tulis menulis. Hal ini dapat kita lihat beberapa tulisannya baik dalam bentuk buku ataupun artikel.

Beberapa buku dalam bidang spesialisasinya telah ditulis dan tersebar di Damaskus, seperti Teknik Fondasi Bangunan (Handasat al-Asasat) yang terbagi dalam tiga jilid dan Teknik Pertanahan (Handasat aṭ-Ṭurab).

Meskipun dasar pendidikan Syahrur adalah Teknik, namun tidak berarti ia sama sekali kosong mengenai wacana keislaman. Sebagaimana ia tertarik untuk mengkaji al- Qur’ān dan Sunnah Nabi secara lebih serius, dengan metode linguistiknya dan dibingkai dengan ilmu eksaktanya, kemudian dituangkan dalam beberapa bukunya tentang pemikiran keislaman”

Berikut screenshoot dari naskah disertasi Abdul Aziz:

Setelah ditelusuri, ditemukan bahwa tiga paragraf di atas merupakan copy-paste dari sumber: 

https://suduthukum.com/2016/07/biografi-dan-karya-muhammad-syahrur.html, yang dipublikasikan secara online pada tanggal 31 Juli 2016. Lagi-lagi, Abdul Aziz tidak menyebutkan sumber tulisan tersebut dalam disertasinya. Berikut adalah screenshot dari website suduthukum.com.