PROGRAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN BERSAMA KIPMI

Upaya peningkatan mutu pendidikan ini tidak akan dapat diwujudkan tanpa ada upaya perbaikan dalam penyelenggaraan pendidikan menuju pendidikan bermutu. Untuk mewujudkan pendidikan bermutu, upaya membangun budaya mutu di satuan pendidikan menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat ditawar. Satuan pendidikan harus mengimplemetasikan penjaminan mutu pendidikan tersebut secara mandiri dan berkelanjutan.

Untuk itu, KIPMI kembali melakukan programnya dalam penjaminan mutu pendidikan. Dalam program ini, KIPMI mengadopsi pola on-in-on, yang meliputi pembekalan, praktik dan evaluasi.

On program telah dilaksanakan pada tahap I yang telah berlangsung  23-26 Desember 2017 berupa workshop penjaminan mutu. Para peserta masing-masing mendapatkan tugas dari workshop tersebut untuk dilaksanakan di tempat bekerja masing-masing sebagai in program. Selama in program ini para peserta diharapkan menyelesaikan tugas dari on program dengan pendampingan dari KIPMI. Salah satu kegiatannya adalah KIPMI bekerja sama dengan LPMP Jogja melakukan pendampingan penjaminan mutu di Telaga Ilmu Yogyakarta. Kegiatan perdana dimulai 8 Maret 2018 dan diperkirakan akan berakhir pada 11 Mei 2018.  

Kegiatan pendampingan meliputi menyusun Kurikulum Dokumen, menyusun SNP Plus, menyusun Kebijakan Mutu, menyusun SOP Pemenuhan Mutu, menyusunan instrumen evaluasi diri (EDS) mandiri berbasis Indukator SNP instrumen akreditasi, menyusunan RKJM/RKS dan RKAM, melakukan Audit Internal, menyusun Instrumen Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan penjaminan Mutu Internal dan menyusunan Rencana Peningkatan Peningkatan Standar yang ditempuh selama 70 jam. Instruktur pendamping dalam kegiatan ini adalah Dr. Agus Wasisto, DDW, M.Pd., dan Dr. Sugiyanta, M.Pd.

Mewakili Telaga Ilmu, Ustadz Wasito menyampaikan visi ke depan Telaga Ilmu dan dilanjutkan oleh Ustadz Umar Dani yang menuturkan capaian dan prestasi Telaga Ilmu dan diharapkan setelah pendampingan ini semakin menjadi bermutu dan berkualitas.

On program berikutnya insya Allah direncanakan pada Desember 2018. Kami menantikan peran serta aktif dari para peserta workshop.