Panduan Praktis Penggunaan Zotero Reference Manager

Oleh: Ovide Decroly Wisnu Ardhi

Zotero adalah salah satu perangkat lunak untuk mengelola referensi, baik untuk keperluan jurnal ilmiah, artikel konferensi, ataupun penulisan buku. Pada tulisan ini akan dibahas bagaimana menggunakan Zotero untuk memudahkan kita dalam mengelola sumber pustaka yang digunakan dalam penulisan.

Membuat Akun Zotero

Langkah pertama untuk menggunakan zotero adalah melakukan registrasi di situs resminya melalui halaman https://www.zotero.org/ melalui browser yang kita miliki. Tampilan awal ketika mengunjungi situs zotero terlihat pada Gambar 1.

Gambar 1. Situs Zotero
  1. Registrasi akun baru

Setelah berada di halaman beranda Zotero, tekan menu Log In yang terletak pada sisi pojok kanan atas (Lihat Gambar 2).

Gambar 2. Halaman Beranda
  • Log In/Register for a free account

Halaman ini adalah untuk melakukan Log In jika sudah memiliki akun. Jika belum, kita bisa menekan menu “Register for a free account” (Gambar 3).

Gambar 3. Halaman Log In/Register
  • Halaman Register for a free account

Untuk membuat akun baru, kita perlu mengisi formulir yang tersedia di halaman Register berupa Username, Email, Confirm Email, Password, dan Verify Password. Setelah data terisi semua, centang checkbox I’m not a robot” dan tekan tombol Register (Gambar 4). Kita mungkin akan diminta untuk memilih gambar pada CAPTCHA seperti Gambar 5.

Gambar 4. Halaman registrasi
Gambar 5. CAPTCHA
  • Akun Zotero berhasil dibuat

Jika akun zotero berhasil dibuat, kita dapat melihat tampilan seperti Gambar 6.

Gambar 6. Registrasi sukses

Instalasi Zotero Berbasis Desktop

Setelah membuat akun, kita lanjutkan dengan instalasi Zotero berbasis Desktop. Kita perlu mengunduh dulu Zotero dari halaman situs resminya dengan menekan tombol “Download” berwarna merah pada halaman beranda seperti pada Gambar 7.

Gambar 7. Download Installer Zotero

Kita dapat memilih installer sesuai dengan sistem operasi yang kita miliki baik Windows, macOS, ataupun Linux seperti ditunjukkan pada Gambar 8.

Gambar 8. Installer Zotero

Setelah installer diunduh, kita bisa melakukan instalasi sebagaimana biasanya. Hasil instalasi Zotero pada Desktop dapat dilihat pada Gambar 9.

Gambar 9. Hasil instalasi Zotero Desktop

Penggunaan Zotero

Zotero dapat dibuka melalui aplikasi berbasis web (situs Zotero) atau melalui aplikasi desktop.

Akses Zotero Melalui Situs Web

a. Halaman Beranda Zotero berbasis Web Setelah Log In

Halaman ini adalah untuk pengelolaan referensi yang kita miliki dalam pembuatan artikel, jurnal, buku, dll. Pada sisi sebelah kiri di bawah logo Zotero terdapat menu utama, My Library dan Group Libraries. My Library digunakan untuk menyimpan referensi kita secara pribadi. Kita dapat membuat folder-folder sesuai dengan topik yang akan kita kerjakan. Di dalam folder kita bisa membuat subfolder. Gambaran beranda dapat dilihat pada Gambar 10.

Gambar 10. Beranda Situs Zotero Setelah Log In

b. Menambahkan Referensi

Cara menambahkan referensi adalah dengan cara menekan tombol + pada menu pojok kiri atas seperti pada Gambar 11. Kita dapat mengisi secara manual ataupun mengunggah dokumen makalah jurnal yang kita miliki. Jika tidak memilikinya, kita bisa export sitasi melalui tombol Cite dengan memilih format RIS, BibTeX, ataupun text seperti pada Gambar 12.

Gambar 11. Menambahkan Referensi

Gambar 12. Export sitasi ke RIS, BibTex, dan text

c. Group

Halaman ini digunakan untuk mengelola referensi secara tim yang memiliki proyek penulisan bersama seperti pada Gambar 13.

Gambar 13. Halaman beranda groups

Akses Zotero Melalui Desktop

Secara umum penggunaan Zotero Desktop sama dengan yang berbasis web. Tampilannya memang sedikit berbeda, tetapi secara antarmuka posisinya relatif sama seperti ditunjukkan pada Gambar 14.

Gambar 14. Zotero Desktop

Menambahkan Referensi di Google Docs

Referensi yang akan kita kutip di artikel dapat kita masukkan ke dalam dokumen Google Docs seperti pada gambar 15.

Gambar 15. Add/edit citation

Kita bisa memilih style referensi dan memasukkan judul artikel yang akan kita sitasi seperti pada Gambar 16 dan Gambar 17.

Gambar 16. Pemilihan Style Sitasi

Gambar 17. Memasukkan judul artikel yang disitasi

Demikian sekilas penggunaan Zotero untuk mengelola referensi kita. Semoga bermanfaat.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.