KIPMI TALK 3 # Membangun Profesionalisme di Dunia Kerja

KIPMI TALK 3

Membangun Profesionalisme di Dunia Kerja

Yogyakarta – Komunitas Ilmuwan dan Profesional Muslim Indonesia (KIPMI) kembali menyelenggarakan acara diskusi ilmiah yang diselenggarakan pada bulan juli 2019 di Masjid Pogung Raya Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara diskusi ilmiah ini rutin kita laksanakan pada setiap bulannya. Bagi yang sudah rutin mengikuti program ddiskusi ilmiah ini pasti sudah tidak asing mendengar acara diskusi ilmiah KIPMI Talk. Kali ini KIPMI Talk telah sampai pada seri ke 3.

Pada KIPMI Talk seri ke 3 ini, tema diskusi yang diangkat adalah mengenai “Trik dan Tips Membangun Profesionalisme di Dunia Kerja. Acara ini telah terselenggara pada hari jum’at, 5 juli 2019 bekerjasama dengan Takmir Masji Pogung Raya dimana Masjid Pogung Raya terletak tidak jauh dari Kantor KIPMI yaitu hanya sekitar 15 meter saja.

Para peserta KIPMI Talk 3 yang hadir mayoritas dari kalangan mahasiswa yang sudah berada pada tingkat akhir perkuliahan dan juga para sarjana fresh graduate yang dalam persiapan masuk pada dunia bekerja. KIPMI Talk kali ini dibersamai tidak lain tidak bukan adalah sang ketua Komunitas Ilmuwan dan Profesional Muslim Indonesia. Dimana karir pekerjaanya sudah sampai di negeri Paman Sam yaitu Amerika serikat. Beliau adalah  Sri Darma Krida, S.Psi. Beliau menjelaskan bahwa dalam bekerja itu tidak selalu harus memiliki otak yang sangat cerdas, namun yang harus dimiliki seorang pekerja adalah karakter yang cukup baik, jujur, amanah, dapat dipercaya, disiplin dan lain sebagainya. Maka ketika seorang pekerja memiliki karakter tersebut maka orang tersebut akan sangat dibutuhkan dan dicari oleh perusahaan-perusahaan.

Pembicara ke dua pada diskusi KIPMI Talk seri 3 ini adalah Mas Andi Hakim Kusuma. Mas Andi Hakim Kusuma ini adalah anggota KIPMI yang bekerja pada perusahaan Telkom Indonesia. Pada sesi ini Mas Andi Hakim Kusuma menjelaskan bahwa inti dari orang profesional itu dapat memberikan manfaat yang besar bagi orang lain dan manfaat itu dirasakan oleh orang lain. Namun manfaat yang diberikan kepada orang lain harus dengan memperhatikan 3 hal penting yaitu:

  1. Hukum Allah
  2. Peraturan-peraturan dunia
  3. Kaidah-kaidah ilmiah

Jadi inti dari orang yang profesional itu harus memenuhi 3 hal diatas dalam melakukan pekerjaannya. Manfaat yang diberikan bisa maksimal dan tidak melanggar hukum agama maupun hukum dunia.

Semoga dengan terselenggaranya acara KIPMI Talk ini dapat memberikan wawasan bagi para pemuda-pemuda yang akan terjun di dunia pekerjaan. Karena dalam dunia pekerjaan profesionalisme sangat penting sekali dimiliki oleh seorang pekerja. Dan sebagai penutup kami ingatkan kembali jangan lupa terus ikuti diskusi ilmiah KIPMI Talk ke 4 yang akan dilaksanakan dua bulan kedepan Insya Allah.